RABU, 25 April 2018, tepat tengah hari, rekoleksi pengurus Pendalaman Alkitab (PA) Emmanuel bersama Pastor Robby Wowor OFM sudah di penghujung sesi tanya jawab. Kemudian rekoleksi ditutup dengan doa dan makan siang bersama.

Perbincangan siang itu masih seputar pokok bahasan rekoleksi; mengenal diri sendiri dengan lebih saksama, juga mengenal dan memahami sesama anggota pengurus lainnya. Alhasil, dapat tercipta kerja sama yang baik.

Selang satu jam kemudian, MeRasul berkesempatan berbincang-bincang dengan para pengurus PA Emmanuel.

 

 

Gemar Belajar Alkitab

PA Emmanuel didirikan tanpa persiapan khusus. Semuanya berjalan dengan cepat dan tepat.  Sekelompok ibu pencinta Alkitab mempunyai kerinduan untuk menjamah lebih banyak umat agar dapat mengenal dan mencintai Alkitab lebih dalam lagi.

Pada akhir November 2015, terbersit ide untuk mendirikan kelompok Pendalaman Alkitab. Sangat dirasakan kuasa Roh Kudus dalam pembentukan PA ini.

Pengajar;  salah satu pengurus menyampaikan ide ini kepada Pastor Robby Wowor. Gayung bersambut, ide tersebut mendapat tanggapan positif. Di sela-sela jadwal yang padat, Pastor Robby bersedia meluangkan waktu untuk melayani.

Tempat; ketika diutarakan niat kepada Sisca untuk memakai  rumahnya sebagai basis PA, ia langsung memberi izin untuk masa dua tahun.

Nama;  tak luput dari peran besar Roh Kudus. Setelah berdoa, dua pengurus mendapat nama yang sama, yaitu Emmanuel, yang artinya Allah beserta kita.

Tim Pengurus; dengan berbekal niat, usaha, pengalaman, dan kerja sama yang baik, tim pujian, usher, humas, dan konsumsi dengan cepat terbentuk. Para pengurus berusaha melayani sesuai dengan bakat dan talentanya. The right man on the right place.

PA perdana diselenggarakan pada 16 Desember 2015. Undangan PA disebar kepada keluarga dan teman-teman  via WA. Walaupun dengan masa persiapan hanya tiga minggu, PA pertama dapat diselenggarakan dengan baik. Sambutan umat luar biasa. Banyak umat dari berbagai paroki hadir. Tidak hanya kaum ibu, kaum bapak pun tidak ketinggalan hendak belajar Alkitab. Bahkan ada beberapa kaum muda.

 

Visi dan Misi

Visi: Berjuang untuk menepati Injil Suci Yesus Kristus dan seturut Gereja yang memegang teguh ajaran Katolik dan Apostolik. Melalui sem

 

angat pertobatan iman sejati, persaudaraan yang berpengharapan dan kasih nyata dalam kehidupan sehari-hari.PA Emmanuel dapat menjadi salah satu wadah bagi umat Katolik untuk menggali Kitab Suci.

Misi: *  Mendorong umat untuk menempatkan Yesus Kristus sebagai pusat kehidupan sehari-hari. • Menciptakan komunitas PA yang hidup, sehat, harmonis, berkenan di hadapan Tuhan dan dapat menjadi berkat bagi sesama manusia.• Meningkatkan spiritualitas umat dalam mendalami firman Tuhan, kehidupan doa, dan persekutuan dengan belajar membaca dan memahami Alkitab dengan tekun.• Memiliki semangat pelayanan yang mencerminkan kasih Allah, dengan meningkatkan pelayanan kasih dan kepedulian terhadap sesama.• Menjadi saksi Kristus yang sederhana, berkualitas, dan bertanggung jawab sehingga dapat menjadi teladan dan memberikan manfaat yang nyata bagi keluarga, komunitas, dan masyarakat sekitar.

 

Susunan Organisasi

Moderator adalah Pastor Robby Wowor, Penasihat Maria Caroline, Ketua Fery Limiardi, Wakil Ketua Ratna, Sekretaris Luci, Bendahara Nini dan Luci , Perlengkapan Rudy dan Jullia, Humas Wati dan Santi. Konsumsi dan Penjualan Barang Rohani Maria dan Inda. Registrasi dan Usher Nini, Nining, Santi dan Wati, Pujian Susina,  Andrianie, Mirah, Habrina, dibantu pemain keyboard Donny.

Seluruh pengurus berharap dan berusaha agar PA Emmanuel memiliki semangat pelayanan yang mencerminkan kasih Allah. Juga dapat memberikan pelayanan kasih dan kepedulian terhadap sesama. Dengan demikian, komunitas ini dapat menjadi saksi Kristus yang sederhana, berkualitas, dan bertanggung jawab. Juga dapat menjadi teladan serta memberikan manfaat yang nyata bagi keluarga, komunitas, dan masyarakat sekitar.

 

Aktivitas PA Emmanuel

PA Umum diadakan setiap Rabu pukul 09.00-11.00 dua kali dalam satu bulan. Dengan pembicara utama, Pastor Robby Wowor.Tanggal PA disesuaikan dengan jadwal Pastor. Bila Pastor berhalangan, akan digantikan oleh Pastor lain.

Materi pembahasan yang dibawakan bertujuan untuk mendorong umat menempatkan Yesus Kristus sebagai pusat kehidupan sehari-hari. Dengan belajar dari tokoh-tokoh dalam Alkitab yang menyerahkan hidupnya kepada Tuhan, seperti Yusuf, Ayub, Tobit, dan para Rasul dalam Perjanjian Baru.

Rekoleksi Tahunan diadakan setiap Desember, bertepatan dengan ulang tahun PA. Tujuannya untuk mempererat tali persaudaraan di antara umat. Setelah rekoleksi, diadakan Perjamuan Kudus dan dilanjutkan dengan santap siang bersama. Rekoleksi sudah dua kali diadakan, pada Desember 2016 dan Desember 2017.

Misa Syukur dipersembahkan oleh Pastor Paulus Dwi Hardianto dari Paroki Bojong Indah.

Rekoleksi Pengurus merupakan pembekalan bagi para pengurus dalam melayani.  Juga berguna untuk menambah keakraban di antara pengurus.  Rekoleksi Pengurus diadakan dua atau tiga bulan sekali; tergantung jadwal Pastor Robby.

 

Landasan

Sesuai dengan Gereja Katolik, PA berlandaskan Kitab Suci, Magisterium, dan Tradisi. Kitab Suci adalah Sabda Allah.Tradisi adalah liturgi dan Magisterium adalah ajaran para Rasul. Ketiganya perlu dipahami dengan benar oleh umat Katolik, agar dapat memperteguh iman dan dapat beribadat dengan lebih mantap. Pada akhirnya, umat dapat menjadi pelaku Firman Tuhan.

 

Harapan

Diharapkan, melalui PA Emmanuel, semakin banyak orang dapat lebih mengenal Firman Tuhan dengan benar, seturut ajaran Gereja Katolik sehingga mereka dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik; memiliki kehidupan doa dan persekutuan untuk belajar membaca dan memahami Alkitab dengan tekun.

Khususnya, bagi generasi muda, agar pembekalan pada keluarga muda dapat dilakukan lebih dini. Firman Tuhan dapat dijadikan dasar keluarga dalam mendidik putra-putri  (Ulangan 6:7) sesuai dengan apa yang dikehendaki Tuhan. Akhirnya, tercipta generasi muda yang takut akan Tuhan(Amsal 1:7).

Karena rumah Sisca sedang diperbaiki, mulai Januari 2018, tempat PA dipindah ke rumah Merry Setioko di Jl. Pulau Genteng Q2-1, Taman Permata Buana.

Pengurus PA Emmanuel mengundang seluruh umat Sathora untuk bersama-sama mempelajari Firman Tuhan dan bertumbuh bersama dalam pengenalan akan Allah melalui Putra-Nya Yesus Kristus.  Untuk mendapatkan jadwal dan topik pembahasan, umat dapat menghubungi Santi Tjendrawasih 0818 174 847.

Lily Pratikno