Diakon Patrick Slamet Widodo sedang diukur tekanan darahnya

Panitia Paskah Tahun 2020 Wilayah Santa Theresia dan Seksi Kesehatan Sathora bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta. mengadakan aksi kemanusiaan yaitu Aksi Donor Darah.pada tanggal,1 Maret 2020.

Pendaftaran dimulai pukul 07.00 WIB dan umat Sathora dengan sangat antusias serta penuh kesadaran yang tinggi siap mendonorkan darahnya untuk mereka yang membutuhkan.

 

Semula pengambilan darah dimulai pukul.09.00 –  12.00 WIB. Dikarenakan alat pemeriksaan HB tidak terbawa oleh petugas maka perlu waktu untuk menunggu.  Setelah alat tersebut datang,  maka pengambilan darah baru dapat dimulai  pukul 10.17 WIB.

Beberapa calon pendonor sudah tidak sabar menunggu, karena ada keperluan lain, akhirnya mereka pindah ke Vihara Sadhapalla untuk mendonorkan darah mereka, karena waktunya bersamaan dan menurut mereka mendonorkan darahnya tetap ke PMI DKI juga.

Setelah pendaftaran ada screning kesehatan seperti pengukuran tensi darah,  pemeriksaan HB dan golongan darah.  Yang dapat mendonorkan darahnya adalah mereka yang benar-benar sehat dan berusia dari 17 tahun sampai dengan 65 tahun.

Ada 8 bed yang disediakan oleh PMI dengan 4 orang petugas yang melayani pengambilan darah.  Setiap pendonor diambil darahnya sebanyak 350 CC dalam waktu 8 menit.

Dari 154 orang yang mendaftar, 14 orang gagal donor,  pindah ke Vihara 21 orang dan yang berhasil mendonorkan darahnya di Sathora 119  orang termasuk Romo Diaz dan Diakon Patrick.

Paroki Sathora selalu melaksanakan aksi donor darah, setiap menjelang Natal dan Paskah.  Rasa kemanusiaan dan kesadaran umat Sathora sangat tinggi dan rutin mendonorkan darahnya bahkan ada yang sudah 50 kali.

Ada beberapa orang yang mengalami pendarahan, pesan petugas PMI lengan tetap diangkat sebelum 3 menit jangan mengangkat barang dulu.

Setelah selesai mendonorkan darahnya,  panitia membagikan kepada para pendonor  goody bag yang berisi makanan dan minuman serta suplemen sebagai pengganti darah yang sudah di donorkan.

Kegiatan donor darah selesai pukul 13.17 WIB

Reporter :  Samaria  –  Fotografer :  Matheus Hp.

 

Lihat foto-foto selengkapnya di facebook :  klik disini